.

.

PROGRAM UNGGULAN

Rabu, 10 April 20130 komentar


PROGRAM UNGGULAN dan REALISASI



1.       Program Peningkatan Layanan Nikah Rujuk
          Sesuai dengan visi yang ditetapkan sebagai program unggulan Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai tarab maka dua program pokok yang dijalani yaitu peningkatan layanan dan optimalisasi pembinaan.
          Untuk program peningkatan layanan Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Tarab melakukan hal-hal sebagai berikut :


a.      Sosialisasi Undang-Undang Perkawinan, Zakat dan Produk Halal
Program sosialisasi ini dilakukan dengan mendatangi kelompok-kelompok Majelis Taklim, Sekolah dan kelompok masyarakat lainnya. Program sosialisasi ini dilakukan dalam dua bentuk yaitu :
1.    Melalui media tatap muka
2.    Media brosur yang dipasangkan di lokasi-lokasi strategis seperti Kantor-Kantor, Masjid, Surau dan lain
     Program ini telah direalisasikan selama 1 tahun dengan jumlah tatap muka sebanyak 87 kali tatap muka, khusus kegiatan sosialisasi disekolah selain undang-undang tentang perkawinan juga disampaikan seputar Undang-Undang Zakat dan Produk Halal.
b.      Sistem Informasi Managemen Pernikahan ( SIMKAH )
Program SIMKAH ini mulai dilakukan pada bulan  Mei tahun 2011, dengan adanya program ini dapat dilayani berbagai keperluan yang berhubungan dengan layanan pernikahan secara komputerisasi seperti :
1.      Validitas data dan pendaftaran Calon Pengantin
2.      Pengisian Lembaran Pemeriksaan ( Model NB )
3.      Pembuatan Akta Nikah
4.      Pembuatan Duplikat Akta Nikah
5.      Pendaftaran Isbat Nikah
6.      Pengantar Pindah Nikah
7.      Data Base Pencatatan Pernikahan dan Rujuk





c.       Kursus Calon Pengantin  ( Suscatin )
Kursus Calon Pengantin pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Tarab dilaksanakan tidak hanya secara lisan ( ceramah ), peningkatan dapat dilihat dari :
1.      Materi disampaikan dalam bentuk visualisasi ( Infocus )
2.      Catin diberikan buku Bimbingan Mewujudkan Keluarga Sakinah
3.      Materi disajikan oleh tim yang terdiri dari tenaga internal KUA dan Puskesmas
4.      Catin diberikan Al Qur’an dan sertifikat
5.      Diruang yang tertata rapi dan sejuk

d.      Print Finger
 Guna meningkatkan layanan kepada masyarakat tentunya kedisiplinan Pegawai merupakan sesuatu keharusan, untuk itu di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Tarab, dilaksanakan apel pagi jam 07.30 Wib ( senin dan kamis ), dan minimal 1 kali 1 minggu dilaksanakan rapat ( brifieng ) dalam rangka evaluasi dan memantapkan program kerja.
 Mulai bulan Januari 2013 pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Tarab absensi pegawai dilakukan dengan sistem print finger.


2.       Program  Pembinaan Ummat
          Program Pembinaan Ummat ini difokuskan dalam rangka penguatan pengamalan nilai-nilai keagamaan dimasyarakat, selama 4 tahun ini telah dilaksanakan 8 program unggulan, dengan 8 program unggulan tersebut menjadikan Kecamatan Sungai Tarab selalu menonjol dalam bidang keagamaan, delapan program unggulan tersebut terdiri dari :
a.      Pemberdayaan Zakat dan Optimalisasi Waqaf
Program pemberdayaan zakat ini dilakukan oleh Kepala KUA Kec. Sungai Tarab selaku ketua Badan Amil Zakat ( BAZ ) Kec. Sungai Tarab dan hasilnya sampai pada akhir tahun 2012 adalah sebagai berikut :
1.      Terpilih sebagai BAZ terbaik dalam pengumpulan dan pengelolaan zakat di Kabupaten Tanah Datar  ( Zakat Award )
2.      Terbentuk Unit Pengumpul Zakat Masjid, merupakan satu-satunya Kecamatan yang memiliki jaringan sampai ketingkat Masjid
3.      Sejak tahun 2009 sampai akhir tahun 2012 telah terkumpul zakat sebesar Rp. 1.286.238.095
     Sedangkan dibidang waqaf Kantor Urusan Agama telah melaksanakan pendataan ulang dan mendorong sertifikasi tanah waqaf,  selama tahun 2009 sampai dengan bulan maret 2013 ini telah berhasil melakukan sertifikat tanah waqaf sebanyak 12 persil
b.      Pembenahan dan Penguatan Lembaga TPA dan Pondok Al Qur’an
Pembenahan dan penguatan Lembaga TPA , merupakan program unggulan dalam mengawali tugas di Kecamatan Sungai Tarab, Program ini dilaksanakan dalam beberapa langkah yaitu :
1.      Mendatangi setiap lembaga TPA dan bertatap muka dengan tokoh masyarakat dan Wali Murid, hasil tatap muka pertemuan tersebut menghasilkan hal-hal sebagai berikut :
a.      Pembuatan pakaian seragam santri TPA ( sebelumnya hanya 3 % yang memiliki pakaian seragam )
b.      Pembentukan pengurus dan target pendidikan TPA
c.       Pembuatan plang TPA dan pembenahan Administrasi
2.      Pembuatan kalender pendidikan TPA setiap tahun ajaran
3.      Pembuatan raport Taman Pendidikan Al Qur’an
4.      Melakukan opname dalam rangka evaluasi aktifitas TPA
5.      Pembuatan pakaian seragam untuk semua guru TPA dan Pembina Didikan Subuh, sampai akhir tahun 2012 telah dibuatkan sebanyak 231 buah
6.      Pembenahan standarisasi dan pembentukan tim seleksi untuk calon peserta Khatam Al Qur’an
7.      Mulai tahun 2010 semua lembaga TPA dan MDA se-Kecamatan Sungai Tarab telah memberikan laporan tertulis secara rutin ke Kantor Urusan Agama setiap 3 bulan ( laporan triwulan )
       
c.       Pembentukan dan Pemberdayaan Ormas Keagamaan
Sepanjang tahun 2010 – 2013, Kecamatan Sungai Tarab diberi julukan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar sebagai  Kecamatan tergiat kegiatan keagamaannya di Kabupaten Tanah Datar,  hal ini dapat diraih karena setelah pembenahan dan pembentukan dilakukan oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Tarab, semua lembaga keagamaan tersebut berjalan aktif, adapun organisasi – organisasi sayap KUA yang berhasil dibenahi dan aktif dengan kegiatan terdiri dari :
1.      Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelesterian Perkawinan ( BP.4 )
2.      Majelis Ulama Indonesia ( MUI )
   Lembaga ini menurut catatan MUI Kabupaten Tanah Datar merupakan MUI teraktif di Kab. Tanah Datar rentang waktu 2008 – 2013 telah sempat melaksanakan muzakarah sebanyak 6 kali dan semua pengurus telah memiliki pakaian seragam


3.       Badan Amil Zakat  ( BAZ )
   Tahun 2011 terpilih sebagai BAZ  terbaik I tingkat Kabupaten Tanah Datar dalam pengumpulan dan pengelolaan zakat.


4.       Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ( BKPRMI )
   Organisasi ini telah berhasil melaksanakan iven tuan rumah FASI VII Kab. Tanah Datar tahun 2010 dan telah memiliki club sepak bola


5.       Badan Kontak Majelis Taklim ( BKMT )
   Ormas ini sejak dibentuk awal tahun 2009 sampai saat ini aktif melaksanakan kegiatan pengajian bulanan, bulan Maret 2013 ini telah memasuki putaran Ke-49 kali yang dipergulirkan pada setiap Masjid dalam Kecamatan Sungai Tarab


6.       Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( IPHI )
  Organisasi ini dibenahi awal tahun 2009, dan sampai tahun 2013 ini telah  melaksanakan kegiatan diantaranya pengajian bulanan yang dilaksanakan pada setiap sabtu Ke-3, bulan maret ini telah memasuki putaran ke 51, selain itu juga juga telah melaksanakan kegiatan kunjungan ke Kecamatan tetangga dan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

7.       Lembaga Didikan Subuh ( LDS )
   Lembaga ini dibenahi juga pada awal tahun 2009, juga aktif dengan berbagai kegiatan terutama kegiatan Didikan Subuh Gabungan yang rutin setiap 1 x 3 bulan dan telah memiliki jaringan organisasi sampai ketingkat Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab


8.       Persaudaraan Pensiunan Kementerian Agama ( PPKA )
  PPKA ini baru dibentuk pada tanggal 13 Maret 2013, baru melaksanakan aktifitas pendataan anggota

d.      Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji ( Gemmar Mengaji )
Kecamatan Sungai Tarab merupakan Kecamatan pertama di Kabupaten Tanah Datar yang melakukan pencanangan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji     ( Gemmar Mengaji ), pencanangan gerakan ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 24 Juni 2011 bertempat di Masjid Raya Sungai Tarab dengan motivator Buya Prof. DR. H. Salmadanis, MA  ( Guru Besar IAIN Imam Bonjol Padang ), Acara ini dicanangkan langsung oleh Bapak Bupati Tanah Datar dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar ( Drs. Malikia, MA ) juga dihadiri oleh Jamaah sebanyak 3000 jamaah dan PNS se-Kecamatan Sungai Tarab. Pencanangan ini mendahului pencanangan yang dilaksanakan ditingkat Kabupaten Tanah Datar yang baru dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2011
Pada kegiatan pencanangan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji juga di bagikan mushaf al Qur’an sebanyak 2.500 Mushaf yang merupakan sumbangan dari perantau dan masyarakat Sungai Tarab melalui Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Tarab sekaligus pada hari itu dibagikan Seruan Bersama MUSPIKA, Wali Nagari, KUA dan UPT Pendidikan yang berisi melakukan gerakan ini secara bersama-sama.
Pada pertengan tahun 2011 kegiatan Gerakan Maghrib Mengaji ini dievaluasi melalui siswa Sekolah formal, mulai Sekolah Dasar (SD/MI ) sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama  ( SMP/MTs ) dengan hasilnya bahwa gerakan ini telah dijalankan ditengah-tengah masyarakat 70 %.
Kegiatan Gemmar Mengaji ini pula menghantarkan Kepala KUA Kecamatan Sungai Tarab mendapat penghargaan untuk menerima Mushaf Al Qur’an dari Bapak Wakil Menteri Agama RI yang di laksanakan dalam pencanangan Desa Bebas Baca Aksara Al Qur’an di Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 23 Maret 2012



e.      Desa Binaan Keluarga Sakinah dan Kampoeng Al Qur’an
Kecamatan Sungai Tarab juga telah berhasil membentuk dan mengembangkan Desa Binaan Keluarga Sakinah ( DBKS ) sejak awal tahun 2010 yang lalu, dengan menetapkan dan membina Jorong Tanjuang Lado Ateh Bukik pada tahun awal tahun 2012, Desa ini ditingkatkan dan dicanangkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama menjadi “ Kampoeng Al Qur’an “ sekaligus sebagai Desa Bebas Baca Aksara Al Qur’an.
Diantara program unggulan yang dilaksanakan di desa ini adalah pendataan setiap rumah terhadap kemampuan baca al Qur’an dan Shalat, akurasi arah kiblat, pengembangan ekonomi warga, wirid rutin 1 x 15, peraturan warga dan terakhir terbentuknya persatuan pemuda dan pelajar Kampoeng Al Qur’an ( PPKA )
Pada penilaian  Desa Bebas Baca Aksara Al Qur’an “ Kampoeng Al Qur’an “ dalam rangka HAB Kementerian Agama RI Ke-65, Jorong ini terpilih sebagai Desa Terbaik Pertama dan sebagai bentuk penghargaannya Bupati Tanah Datar dipasangkan PIN oleh Menteri Agama RI pada tanggal      di Pengeran Beach Hotel.
Pada tanggal 24 Januari 2013   Desa ini ditinjau oleh Staf Khusus Menteri Agama RI untuk melihat langsung aktifitas masyarakat  Jorong Tanjuang Lado Ateh Bukik Nagari Pasie Laweh Kec. Sungai Tarab dan beberapa media Televisipun             ( Padang TV dan TVRI Padang ) telah melansirnya dalam beritanya.

f.        Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional Kecamatan  
Ivent Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional tingkat Kecamatan ini mulai digelar pada bulan  Januari tahun 2010 yang dilaksanakan lokasi kegiatan dibagi pada setiap Nagari dalam Kecamatan Sungai Tarab, pada MTQ Nasional Ke-2 Kegiatan MTQ ini sudah dipusatkan di Nagari Pasie Laweh pada bulan Februari tahun 2012 dan untuk MTQ Ke-3 yang akan digelar pada tahun 2014 akan dilaksanakan di Nagari Simpuruik.
Walaupun Ivent ini 99  % didanai dari bantuan masyarakat dan perantau namun telah memberikan pengaruh dan syiarnya kegiatan keagamaan di Kecamatan Sungai Tarab, pada acara pembukaan MTQ Nasional Ke-2 di Pasie Laweh, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bahwa kegiatan MTQ Kec. Sungai Tarab telah hampir sama semarak dan meriahnya dengan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Tanah Datar
Sejak dilangsungkan MTQ Nasional Kecamatan ini, maka sejak itu pula Kecamatan Sungai Tarab telah memulai mengirimkan Kafilah hanya anak-anak hasil MTQ dan Putra asli Kec. Sungai Tarab, kendati pada MTQ Ke-36 Kab. Tanah Datar di Kecamatan Tanjuang Baru, peringkat Kecamatan menduduki urutan Ke-tiga belas dari 14 Kecamatan, tetapi pada MTQ Ke-37 di Batipuah Kecamatan Sungai Tarab sudah bisa menduduki peringkat ke Delapan dengan tetap komitmen hanya membawa kafilah hasil binaan dan putra asli Kec. Sungai Tarab

g.      Pembenahan dan Pendirian Pondok Al Qur’an 
Untuk mengasah dan melahirkan qari-qariah, hafizh-hafizhah dan khatat-khatatah maka mulai januari 2009, Kepala KUA Sungai Tarab bersama penyuluh telah berhasil membenahi Pondok Al Qur’an Kecamatan, dengan pola memberikan peluang besar peran serta masyarakat seperti dalam pengadaan makan siang untuk peserta, pengurus dan instruktur.
Selain membenahi dan menata Pondok Al Qur’an Kecamatan, mulai akhir tahun 2010 secara personil, Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Sungai Tarab juga telah berhasil bekerja sama dengan Yayasan Surau Al Husna Jakarta telah mendirikan Pondok Al Qur’an  “ Miftahurrasyidiyah “ yang dipusatkan di Cangkiang Nagari Rao-Rao. Dana operasional rata-rata Rp. 7.000.000/perbulan yang dibiayai  Yayasan.
Pondok al Qur’an “ Miftahurrasyidiyah “ tidak hanya berkiprah dalam pembinaan qari/ah tingkat Nagari dan Kecamatan tetapi telah berperan aktif untuk tingkat Kabupaten dengan kegiatan “ Halaqah qari/ah Tanah Datar “.
Untuk meningkatkan mutu, sebagai pimpinan pondok dan pembina beberapa kali melakukan pengembangan pendidikan di Pondok Al Qur’an dengan melakukan studi banding terutama ke pondok-pondok ternama seperti Darul Qur’an pimpinan Ustadz Yusuf Mansur di Cipondoh Tanggerang, Lembaga Kaligrafi   ( LEMKA ) Jakarta tepat di Ciputat yang difasilitasi oleh Yayasan .
Melalui Pondok kedua pondok ini Kecamatan Sungai Tarab telah berhasil membawa putra-putri Kecamatan Sungai Tarab ikut serta memperkuat Kafilah MTQ Kab. Tanah Datar ke tingkat Propinsi Sumatera Barat di Pasaman bulan September 2013 yang akan datang
Share this article :

Poskan Komentar

 
Kemenag Kab Tanah Datar : KUA Sungai Tarab Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Najib Rayyan
Proudly powered by Blogger